oleh

Legislator Soroti Lambatnya Penyaluran Bansos

MAMASA – Lambatnya penyaluran bantuan sosial (Bansos) bersumber dari APBD Kabupaten Mamasa menjadi sorotan anggota dewan. Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mamasa, Reskianto Taula’bi Kia mendesak agar Pemkab segera menyalurkan bantuan beras bersumber dari APBD untuk warga yang berdampak Covid-19.

Lambatnya penyaluran bantuan APBD Mamasa berupa beras yang disebabkan oleh data penerima bantuan yang belum valid. Sehingga, mengakibatkan bantuan beras tersebut, terbilang lambat dari bantuan lainnya seperti BLT dan BST yang sudah hampir selesai tahap ketiga.

Bantuan APBD Mamasa berupa beras masih saja bergulir pada penyaluran pertama, bahkan sampai saat ini belum tersalurkan semua.

Ketua Komisi I DPRD Mamasa ini meminta kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mamasa agar segera menyalurkan bantuan APBD Mamasa berupa beras. Kemudian melakukan revisi dan validasi data penerima bantuan.

“Jadi kita minta agar kembali menyisir data penerima Bansos, melalui jaring pemerintahan disemua tingkatan. Warga yang layak menerima bantuan sosial terdampak Covid-19 harus terkaper semua,” tegas Reskianto.

Legislator PPP ini mengatakan berdasarkan laporan dari Kepala Desa Malimbong, Kecamatan Sesenapadang masih ada beberapa kelompok yang masih belum mendapatkan sentuhan pemerintah.
“Bahkan ada sekelompok orang yang sama sekali belum dapatkan bansos baik BLT, BST maupun beras bantuan APBD Mamasa,” ujarnya.

Ia meminta agar bantuan beras melalui dana APBD Mamasa, agar segera disalurkan.

“Jadi kami minta segera disalurkan di semua kecamatan, yang telah masukkan data kepada Dinas Sosial,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Lonni mengakui adanya keterlambatan pembagian bantuan beras bersumber dari APBD Mamasa karena lambatnya data dari desa.

“Hal itu karena kurang koperatifnya para kepala desa dalam memasukkan data. Hingga harus diverifikasi kembali oleh Inspektorat Mamasa,” kilah Lonni saat dikonfirmasi pekan lalu.

Ia menambahkan jika data tersebut telah rampung secepatnya dilakukan penyaluran bantuan beras dari APBD Mamasa untuk warga terdampak Covid-19.
“Jadi kita bakal segera salurkan yang ada dibeberapa kecamatan,” tambahnya. (r4/mkb)

Loading...

Komentar