oleh

Peduli Lingkungan, Bersihkan Pantai Hingga Tanam Pohon

MAJENE – Sejumlah stakeholder ikut serta membantu MIN 2 Majene, membersihkan pantai dan beberapa fasilitas umum di Desa Tallu Banua Kecamatan Sendana.

Kepala MIN 2 Majene Marni Basir mengatakan, bakti sosial (Baksos) peduli lingkungan pagi kemarin, didukung beberapa stakeholder. Diantaranya, Kasi Madrasah Kemenag Majene, Kepala Desa Tallu Banua, Kepala Puskesmas Sendana 1, UPTD, DLHK, serta Babinsa setempat. Beberapa tokoh masyarakat, orang tua siswa, ketua komite, para tenaga pendidik dan staf MIN 2 Majene, juga tidak ketinggalan. “Termasuk wakamad kesiswaan dan kurikulum, pembina ekstrakurikuler, dan kader adiwiyata juga hadir,” urai Marni, Jumat 21 Februari.

Aksi peduli lingkungan siang kemarin, menyasar beberapa fasilitas umum. Sebagian membersihkan lingkungan disekitar pemukiman warga, dan kelompok lain membersihkan sampah di Pesisir Pantai Tallu Banua. “Tapi kita lebih konsentrasi pada sampah plastik,” jelas wanita bergelar Magister Manajemen Pendidikan Islam itu, kemarin.

Sedangkan sampah plastik yang telah dipilah, menurut Marni, langsung disetor pada pengepul untuk ditimbang. Kecuali botol plastik bekas dan sejenisnya, disimpan disekolah untuk didaur ulang. “Setelah membersihkan sampah, kami serentak menanam 60 pohon. Ini sebagai simbol kepedulian lingkungan dalam rangka memperingati HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional,red) 2020,” papar alumni Pascasarjana UIN Alauddin Makassar itu.

Marni bersyukur, baksos yang menggandeng beberapa stakehorder kemarin, berjalan lancar dan aman. Semua itu terwujud atas dukungan semua pihak, dan kekompakan masyarakat sekolah.

Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK Majene, Haniah, memuji aksi yang dilakukan MIN 2 Majene. Ia menilai madrasah itu telah menunjukkan keseriusan dalam mewujudkan sekolah adiwiyata. Semangat PBLHS yang bertepatan HPSN 2020 itu, sangat nampak terlihat. “Semoga ini tetap bertahan sehingga kebersihan dan keindahan dilingkungan sekolah tetap terjaga,” singkat Haniah. (*)

Loading...

Komentar