oleh

Pimpinan Dewan Bakal dapat Randis Baru

POLEWALI – Unsur pimpinan DPRD Polewali Mandar bakal menggunakan kendaraan dinas (Randis) baru menggantikan randis yang lama. Informasi yang didapatkan dari Pemkab Polman, empat pimpinan dewan akan mendapatkan Randis baru jenis Mitsubishi Pajero. Randis baru tersebut menggantikan mobil lama jenis Toyota Fortuner dan Kijang Innova.

Tetapi isu berkembang di masyarakat pengadaan Randis baru pimpinan dewan menyebabkan batalnya pengadaan mobil pemadam kebakaran (Damkar) dianggarkan di APBD 2020.

Sekretaris Kabupaten Polewali Mandar Andi Bebas Manggazali membantah isu tersebut. Andi Bebas menepis isu pengadaan Damkar dibatalkan karena adanya pembelian randis pimpinan dewan.

Ia menyebutkan tahun ini tetap ada pengadaan Damkar jenis portibel tetapi dianggarkan oleh masing masing kelurahan seperti Kelurahan Sidodadi Kecamatan Wonomulyo dan sembilan kelurahan di Kecamatan Polewali.

Terkait pengadaan Randis pimpinan dewan, Sekkab membenarkan hal tersebut. Menurutnya ada empat unit Randis jenis Mitsubishi Pajero untuk pimpinan dewan. Tetapi untuk Ketua dewan dan tiga wakil ketua tipe Randisnya berbeda tetapi semuanya jenis Mitsubishi Pajero.

“Pengadaan Randis pimpinan dewan itu melalui sekrtariat daerah. Untuk ketua dewan akan menggunakan Mitsubishi Pajero Dakkar 4×4. Sementara untuk tiga wakil ketua akan menggunakan Mitsubishi Pajero Sport,” terang Andi Bebas Manggazali saat dikonfirmasi Senin 13 Januari.

Saat ini, kata dia Randis Ketua DPRD Polman adalah Toyota Fortuner 4×4 yang masih pengadaan 2014 lalu. Sementara tiga wakil ketua menggunakan mobil Toyota Kijang Innova juga pengadaan tahun 2014 lalu.

Pengadaan mobil Pajero untuk keempat pimpinan DPRD Polman tersebut dinilai lebih efisien oleh Pemkab Polman dibanding membeli mobil Innova yang setingkat dengan Pajero. “Rencana kita ingin belikan mobil Toyota Innova tapi harganya hanya selisih sedikit dengan Pajero. Sementara punya kelebihan di medan pegunungan seperti Tutar dan Bulo. Jika pimpinan dewan reses ke daerah pegunungan mobilnya sering kandas. Randis Pajero nanti bukan tipe yang sangat mahal, tapi yang sesuai untuk pimpinan dewan,” jelasnya.

Sementara terkait anggaran untuk pengadaan empat randis pimpinan dewan tersebut, Sekkab tak mengetahui secara detail besar anggarannya. Pengadaan empat randis pimpinan dewan ini akan dilelang melalui unit layanan pelelangan (ULP) Pemkab Polman pada triwulan kedua.

Terpisah, Ketua DPRD Polman Jufri Mahmud yang dikonfirmasi secara terpisah menjelaskan pengadaan kendaraan dinas untuk pimpinan dewan Polman sempat ditolak.

“Kami minta untuk dialihkan ke pengadaan Damkar yang lebih mendesak. Tapi penjelasan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pengadaan Damkar tahun 2020 belum dimasukkan dalam perencanaan,” tulisnya melalui pesan singkatnya.

Lanjutnya, setelah dewan melakukan kunker ke beberapa daerah pelosok seperti Tutar, Matangnga dan Bulo dengan medan jalannya yang masih sangat rusak tidak memungkinkan untuk memakai mobil jenis Toyota Innova. Sehingga DPRD meminta kendaraan lapangan yang memungkin bisa menjangkau semua daerah di Polewali Mandar,” terang Jufri Mahmud.

Hal sama diungkapkan Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin pihaknya telah mengusulkan pengadaan Damkar saat pembahasan APBD 2020. Tetapi TAPD sendiri dalam pembahasan dengan Banggar tidak menyetujuinya dengan alasan mobil damkar saat ini sudah ada delapan unit. Dimana enam unit berfungsi dan dua unit sementara dalam perbaikan. Selain itu TAPD beralasan akan ada pengadaan damkar portabel melalui dana kelurahan.

“Banggar DPRD Polman telah mengusulkan pengadaan damkar dalam APBD 2020 tetapi TAPD sendiri yang menolak. Ini tertuang dalam berita acara pertemuan yang kami lalukan tanggal 27 Desember lalu,” tegasnya.

Jadi kata Amiruddin tidak betul itu kalau anggaran Damkar digunakan untuk membeli mobil pimpinan dewan. (arf/mkb)

Loading...

Komentar