oleh

Pelabuhan Salisingan Segera Dibangun

MAMUJU – Pulau Salisingan di Kecamatan Kepulauan Balabalakang, tak lama lagi memiliki fasilitas pelabuhan.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Mamuju, Jondra Juis mengatakan, pelabuhan Salisingan dibangun antara tahun 2020 atau 2021.

“Kami berusaha agar pembangunan bisa dilakukan tahun ini,” kata Jondra, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/1/2020).

Menurut Jondra, anggaran pembangunan sudah tersedia di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebesar Rp 70 miliar.

“Pulau Ambo dan Popongan sudah ada pelabuhannya. Sudah bisa disandari kapal perintis. Sementara Salisingan sebagai ibu kota kecamatan, belum ada,” tambah Jondra.

Jondra menjelaskan, panjang dermaga pelabuhan Salisingan adalah 287 meter dilengkapi Gapura beserta kantor pelabuhan, termasuk terminal pelabuhan. Pelabuhan tersebut nantinya dapat disandari kapal perintis.

Menurut Jondra, rencana pembangunan pelabuhan di Salisingan sudah dimulai sejak tahun 2016. Survey Investigasi Design (SID), Detail Engineering Design (DED), Rencana Induk Pelabuhan (RIP) serta dokumen lain sudah dibuat. Bahkan, izin lingkungan juga ada.

“Insya Allah 2020 ini bisa diwujudkan dengan dana Rp 70 miliar. Mudah-mudahan dapat. Kalau tidak kami usulkan lagi untuk pembangunan di tahun 2021,” jelas Jondra.

Mengenai persoalan tanah, lanjut Jondra, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menerbitkan sertifikatnya.

“Tim BPN sudah mengukur di sana. Kami sisa tinggi sertifikat. Karena pembangunan pelabuhan harus ada sertifikatnya. Kalau tidak ada akan jadi kendala,” tandas Jondra.

Jondra berharap, pemerinta daerah mendukung pengembangan pelabuhan di Pulau Salisingan Kecamatan Kepulauan Balabalakang. (m2/jsm)

Loading...

Komentar