oleh

Kenali Gejala Kanker Kelenjar Getih Bening yang Diidap Ria Irawan

JAKARTA–Dunia hiburan tanah air kembali dirundung duka. Aktris senior Ria Irawan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Senin 6 Januari, sekitar pukul 04.00 WIB. Pemain film Janji Joni ini meninggal di usia 50 tahun setelah melawan penyakit kanker kelenjar getih bening. Apa saja gejalanya?

Ria Irawan diketahui menderita penyakit kanker kelenjar getih bening sejak 2009. Sekitar 2014 silam, penyakit ini sempat dikabarkan sembuh setelah melakukan kemoterapi. Namun pada 2019 penyakit ini diketahui ternyata masih ada bahkan sudah menyebar ke beberapa organ tubuhnya.

Dikutip Hello Sehat, kanker kelenjar getah bening atau disebut dengan limfoma maligna adalah jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik. Sistem limfatik sendiri merupakan bagian tubuh yang bertugas membangun sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Gejala yang ditimbulkan akibat kanker tersebut berupa munculnya benjolan yang tidak terasa sakit, cenderung membesar dan menetap. Selain itu, biasanya juga akan timbul gejala lain seperti demam, penurunan nafsu makan dan berat badan, hingga batuk yang tak kunjung sembuh.

Adapun, ciri-ciri kanker getah bening juga bisa berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada dua jenis kanker getah bening, yaitu limfoma Hodkin dan limfoma non-Hodkin. Meski terlihat serupa, namun sebenarnya mereka punya ciri khusus yang berbeda.

Dilansir Emedicine Health, jenis limfoma non-Hodkin adalah yang paling umum. Jenis kanker ini biasanya berkembang dari limfosit B (sel B) dan limfosit T atau sel pembunuh alami di kelenjar getah bening atau jaringan seluruh tubuh.

Untuk beberapa kasus mungkin kanker tidak menimbulkan gejala apapun sampai kanker berkembang cukup besar. Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening non-Hodgkin yang umum dialami adalah sesak napas, batuk hingga kurangnya sel darah merah.

Sedangkan limfoma Hodkin merupakan jenis kanker sistem kekebalan tubuh. Umumnya seseorang yang mengidap kanker ini bisa saja merasa sangat sehat. Namun biasanya ditemukan tanda-tanda seperti pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan, tanpa merasakan sakit. (heq/fin)

Loading...

Komentar