oleh

BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Sulbar 2020 Hingga 5,2 Persen

MAMUJU–Pertumbuhan volume perdagangan di Sulawesi Barat pada 2020 diperkirakan 4,8-5,2 persen sejalan dengan pemulihan ekonomi global dan perbaikan ekonomi domestik, kata Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulbar Budi Sudaryono.

“Sejalan dengan pemulihan ekonomi global dan perbaikan kondisi domestik, kita optimis penguatan pertumbuhan pada 2020 volume perdagangan Sulbar diperkirakan juga tumbuh sebesar 4,8 sampai 5,2 persen,” kata dia di Mamuju, Jumat.

Ia mengemukakan pemulihan ekonomi global dan perbaikan ekonomi domestik memengaruhi pertumbuhan ekonomi di provinsi itu pada tahun depan. Ia mengatakan ekonomi kumulatif Sulbar 2019 diperkirakan tumbuh 4,7 sampai 5,1 persen, sedangkan pada 2020 diperkirakan mengalami pertumbuhan positif ke arah moderat.

“Ekonomi Sulbar ke depan masih tumbuh positif dengan arah perkiraan tumbuh moderat,” kata dia.

Terkait dengan inflasi Sulbar, kata dia, masih stabil dan terjaga, namun ke depan diperkirakan akan menemui tantangan yang tidak mudah, seperti sejumlah kebijakan pemerintah pusat dan tantangan domestik, yaitu fluktuasi harga hortikultura dan ikan segar.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, ujar dia, perlu dilakukan antisipasi melalui empat K, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, komunikasi efektif, dan kelancaran distribusi.

Ia mengatakan prospek ekonomi Sulbar akan lebih baik pada 2020, apabila ada sinergi kebijakan ekonomi antara pemerintah di daerah, BI, dan berbagai otoritas terkait.

“Optimisme dan perspektif positif perlu terus kita perkuat untuk menyongsong masa depan ekonomi Sulbar yang lebih baik,” katanya. (ant)

Loading...

Komentar