oleh

Berdayakan Pensiunan, Bank Mantap Latih Budidaya Jamur Tiram

MAMUJU  — Menumbuhkan jiwa wirausaha bagi para pensiunan ASN, Bank Mandiri Taspen (Mantap) menggelar pelatihan wira usaha budi daya jamur tiram di Kantor Bank Mantap Mamuju, Kamis 28 November 2019.

Pelatihan ini diikuti 20 orang pensiunan. Mereka akan diberikan pelatihan bagaimana cara membudidayakan jamur tiram sekaligus berkunjung ke tempat pembudidayaannya.

Pimpinan Bank Mantap Cabang Makassar Raya AB Soegiarto mengatakan, pelatihan wirausaha untuk pensiunan baru pertama kali dilaksanakan di Mamuju. Tujuannya, membuka jalan bagi pensiunan untuk menjadi wirausaha di masa pensiunnya.

“Kegiatan ini kita laksanakan untuk memberikan bayangan kepada pensiunan pekerjaan apa yang cocok dan akan di tekuninya kedepan,” ujarnya.

Soegiarto menambahkan, Bank Mantap memiliki tiga pilar, yakni, Mantap sehat, Mantap aktif dan Mantap sejahtera. Dari tiga pilar tersebut, pelatihan wirausaha ini merupakan pilar dari Mantap sejahtera.

Mantap sejahtera merupakan program pelatihan wirausaha bagi pensiunan secara gratis agar tetap memiliki kegiatan di masa pensiunnya. Para pensiunan akan di pandu dan dibina oleh mentor yang sudah memiliki pengalaman dalam budidaya jamur tiram untuk menghindari kegagalan budidayanya.

“Semuanya sudah kita siapkan. Dari awal budidaya sampai akhir sudah kami siapkan. Jika sudah berhasil, kalian tidak perlu pusing terkait pemasarannya. Karena sudah disiapkan orang yang akan membelinya. Kalian hanya berfikir bagaimana caranya agar produksi semakin meningkat supaya pendapatan semakin banyak,” tambahnya.

Ia berharap, tidak hanya pelatihan budidaya jamur tiram yang dilakukan di Mamuju, tapi bisa menggelar pelatihan budidaya lainnya. Seperti budidaya ikan lele, ternak ayam, hidroponik dan lainnya yang sudah di budidayakan di Makassar.

“Saya berharap, pelatihan wirausaha budidaya ini akan menambah aktivitas dan penghasilan pensiunan. Selain itu, pensiunan juga bisa aktif bergerak sehingga terhindar dari penyakit,” ujarnya.

Pimpinan PT. Taspen Mamuju Simon Mandala menyambut baik pelatihan wirausaha bagi pensiunan yang di laksanakan oleh Bank Mantap. Ini merupakan kesempatan berharga bagi pensiunan untuk menjadi wirausaha budidaya jamur tiram.

“Kegiatan ini sangat baik. Ini bentuk kepedulian Bank Mantap kepada nasabahnya agar terjalin hubungan baik dalam jangka panjang,” ujarnya.

Sementara, Pimpinan Bank Mantap Mamuju Edi Sabara mengaku akan terus menggelar kegiatan pelatihan wirausaha untuk pensiunan. Karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pensiunan. Selain itu, juga membantu pemerintah daerah menumbuhkan tingkat wirausaha di Mamuju.

Wirausaha Mantap merupakan program usaha yang terintegrasi antara pelatihan kelompok usaha bersama, pengembangan usaha, pengembangan diri dan mentoring secara berkelanjutan.

“Saya berharap setelah pelatihan ini pensiunan bisa berkarya untuk membuka usaha demi kesejahteraan masa pensiun. Kedepan kita akan terus memberdayakan dan mensejahterakan purnabakti dengan semangat berkarya. Tiada kata pensiun untuk terus berkarya,” tutupnya. (ian/rs)

Loading...

Komentar