oleh

Mengkomsumsi Ikan Salah Satu Upaya Mencegah Stunting

* DKP Sulbar Gelar Lomba Masak Serba Ikan

MAMUJU–DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan) Sulawesi Barat menggelar lomba masak serba ikan tingkat provinsi. Acara rangkain menyambut HUT Sulbar ke 15, berlangsung di pelataran Kantor Gubernur Sulbar, Senin 9 September 2019, dengan mengusung tema,’;Ragam Menu Masakan Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak”.

Kepala DKP Sulbar Parman Parrakasi mengatakan, saat ini, konsumsi ikan di Sulbar mencapai angka 55,5 KG perkapita pertahun. Capaian ini sudah melampaui konsumsi ikan rata-rata nasional yakni, 43 KG perkapita per tahun.

Meskipun sudah melebihi target, Parman mengaku tetap gencar melakukan kegiatan lomba olahan serba ikan. Ini untuk memotivasi masyarakat agar lebih menyukai produk yang berbahan dasar ikan. Karena, banyak mengkonsumsi ikan itu akan menguatkan, menyehatkan dan mencerdaskan. Bahkan, jika kita banyak makan ikan akan menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menghindarkan diri dari penyakit.

“Di Kementerian Kelautan dan Perikanan saat ini sementara giat-giatnya mempromosikan bagaimana cara mengolah produk-produk perikanan sehingga bisa di gemari masyarakat. Yang tadinya masyarakat alergi dengan olahan ikan, akan berbalik menjadi suka karena berbagai modifikasi yang dilakukan. Terutama untuk anak-anak yang sangat sulit mengkonsumsi ikan,” ujarnya.

Menurut Parman, gemar mengkomsumsi ikan salah satu solusi mengatasi stunting di Sulbar. Sangat banyak manfaat jika kita mengkonsumsi ikan. Adalah menghindarkan anak-anak kita dari terkena stunting. ”Kita juga ingin berperan aktif untuk meminimalisir terjadinya stunting di Sulbar,” ujarnya.

Kabid Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan DKP Sulbar Hj. Ashfiani Tashan mengatakan, tujuan dari lomba masak serba ikan mewujudkan kreativitas dalam pengelolahan menu ikan utamannya ikan yang merupakan potensi unggulan daerah.

“Menu yang kita lombakan adalah menu keluarga, menu balita dan menu kudapan. Peserta yg mengikuti lomba masak serba ikan dari enam kabupaten yang merupakan TP-PKK kabupaten se-Sulbar,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Ashfiani, Sulbar adalah provinsi yang tinggi angka stunting di Indonesia. Nah, untuk membantu mengatasi hal tersebut, kami berupaya mensosialisasikan produk olahan ikan kepada masyarakat melalui Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). ”Salah satunya upaya yang kta laksanakan sekarang, lomba masak serba ikan sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi stunting,” jelasnya.

Diharapkata, lanjut Ashfiani, melalui kegiatan ini anak-anak di Sulbar tidak ada lagi mengalami stunting. Sebab, dengan mengkonsumsi ikan akan membuat masyarakat menjadi sehat, kuat dan cerdas.

Ada pun juara satu lomba masak serba ikan adalah Kabupaten Majene. Disusul Kabupaten Mateng juara dua dan Kabupaten Polman juara tiga. Dengan demikian, yang akan mewakili Sulbar ke jakarta untuk lomba masak serba ikan tingkat nasional bulan Desember mendatang adalah Kabupaten Majene. (ian)

Loading...

Komentar