oleh

Tidak Bawa KTP Kena Denda Hingga Rp 50 Ribu

POLEWALI MANDAR–Ini peringatan bagi warga Polewali Mandar. Setiap keluar rumah wajib hukumnya bawa kartu tanda penduduk (KTP). Jika tidak akan kena denda Rp 30-50 ribu oleh tim operasi yustisi Satpol PP, Polewali Mandar.

Seperti dalam penegakan operasi Perda, Nomor. 5 Tahun 2011, tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Selasa 9 Juli. Tak kurang dari 47 warga, terjadi sweeping KTP, di Jalan Andi Depu Lantora, depan Kantor DPRD Polman.

Dari 47 warga yang terjaring operasi KTP itu, 44 diantaranya langsung proses penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Dan, langsung menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Polewali Mandar. “Tiga warga lainnya saat diperiksa ternyata bukan penduduk Polewali Mandar sehingga tidak menjalani persidangan,” terang salah seorang PPNS Pemkab Polman Salma Adriani Pida.

Penegakan Perda Nomor 5 tahun 2011, Pasal 93 ayat (1) menyatakan, barang siapa yang tidak membawa KTP maka dikenakan pidana atau denda paling tinggi Rp50 ribu. ”Ada juga ASN, pensiunan dan Kepala Lingkungan terjaring,” terang Kepala Satpol PP Polman, Aco Jalaluddin, Selasa 9 Juli.

Menurut Aco Jalaluddin, operasi yustisi ini dilakukan untuk memberikan efek jera kepada masyarakat yang tidak membawa KTP saat bepergian. Selain itu untuk menegakkan peraturan daerah dibidang tertib administrasi kependudukan.

Menurut Aco, setiap warga khususnya Polewali Mandar diwajibkan membawa KTP setiap kali meninggalkan rumah. Ini mengantisipasi apabila nantinya ada warga yang terkena musibah. Jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, warga dapat diidentifikasi dengan cepat.

”Idealnya KTP harus selalu dibawa setiap keluar rumah. Harus ada di dompet, kalau ada apa apa dijalan saat berpergian nanti pihak keamanan sulit mengidentifikasi alamatnya. Sehingga kami mengimbau seluruh warga jika keluar rumah pastikan membawa KTP,” tandasnya.

Salah seorang warga yang terjaring, Dedi Suripto mengaku lupa bawa KTP. “Saya cepat-cepat keluar rumah tujuan ke Polewali beli cat, sehingga lupa bawa KTP. Saya disidang dan kena denda Rp30 ribu Pak. Saya tidak permasalahkan operasi ini. Hanya saja saya minta pemerintah lebih mensosialisasikan aturan perda sehingga masyarakat lebih mengetahuinya,” pinta warga Desa Kebunsari Kecamatan Wonomulyo ini. (mkb)

Komentar