oleh

Sudah Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

MAMASA–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamasa, kini menerapkan tandatangan elektronik dalam pembuatan dokumen kependudukan. Inovasi Kemendari ini diharapkan mempermudah pelayanan bagi masyarakat.

Kepala Disdukcapil Mamasa, Semuel B mengatakan, saat ini pihaknya telah menerapkan tanda tangan elektronik pada pembuatan dokumen kependudukan di Mamasa. “Ini sudah diberlakukan untuk dokumen seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran (AK),” terang Semuel B.

Kalau dibandingkan dengan elektronik dan manual, tentunya lebih mudah dilakukan yakni dengan tanda tangan manual. “Sebenarnya, kalau kita lihat tanda tangan manual lebih gampang dari pada tanda tangan elektronik,” ujarnya.

Namun dengan tanda tangan elektronik dokumen kependudukan tidak mudah dipalsukan. Jadi, keunggulan tanda tangan elektronik ini tidak mudah dipalsukan. Khusus di Mamasa tanda tangan elektronik baru diterapkan, 25 Juni lalu. “Jadi petugas juga tidak lagi menunggu untuk tanda tangan dokumen,” bebernya.

Penerapan tanda tangan elektronik ini diharapkan bisa berjalan lebih efektif dibandingkan dengan tanda tangan manual basah yang dilakukan setiap hari. “Mudah mudahan setiap dokumen kependudukan sudah menerapkan tanda tangan elektronik,” tandasnya.

Teknologi yang digunakan tanda tangan elektronik ini, bisa memperkecil upaya oknum tertentu dalam berbuat tindak kejahatan. “Dalam dokumen terdapat barcode yang di dalamya ada tanda tangan saya sebagai user,” tambahnya. (r4)

Loading...

Komentar